Otomotif Search Engine

Kamis, 20 Desember 2012

Persneling Susah Untuk DiGerakkan

Persneling Susah Untuk DiGerakkan | Info Mobil Biz | Persneling Susah Untuk DiGerakkan | Welcome to my blog, enjoy your stay...
Persneling mobil yamg susah digerakkan bisa ditemukan pada mobil transmisi manual baik berpenggerak roda belakang atau pun berpenggerak roda depan terutama mobil sedan pada umumnya.

Persneling susah digerakkan saat tuas transmisi bergerak untuk memindahkan gigi dan pergerakan yang terasa berat atau keras ini saat tuas transmisi bergerak maju dan mundur dari posisi gigi netral.

Sebenarnya apa sih penyebab persneling mobil yang susah digerakkan ini, karena kalau tidak perbaiki masalah persneling yang susah digerakkan ini tangan kita akan terasa capek ketika memindahkan gigi.

Penyebab Tuas Transmisi atau Tuas Persneleng Keras

Penyebab persneling mobil keras ini karena tali tuas transmisi atau cable assy transmission control terdapat kotoran, yang menghambat pergerakan kabel ketika tuas persneling di gerakkan.

Cara Mengatasi Tuas Persneling Mobil Keras
Ada dua opsi untuk mengatasi tuas transmisi yang susah untuk digerakkan ini.
1.Mengganti Cable Assy Transmission Control
2.Memperbaiki dengan cara membersihkan kotoran yang menghambat pergerakan kabel ini

Untuk mengatasi atau memperbaiki tuas persneling keras ini, kalau memang memungkinkan tanpa melepas kabel tuas transmisi itu akan lebih baik karena akan menghemat waktu. Tetapi jika tidak memungkinkan harus dengan cara menurunkan kabel tuas transmisi ini.
Biasanya penyebab kerasnya tuas transmisi ini karena terbentuk kotoran dari grease yang mulai mengering dan terdapat pada ujung-ujung kabel tersebut.

Cara Membersihkan Kotoran Yang Menjadi Penyebab Persneling Keras
1.Pada gambar di atas tarik boot ujung kabel dan tahan menggunakan kleman.
2.Gunakan Anti Karat Mobil untuk menyemprot dan sambil kabel di tarik-tarik.
3.Untuk bagian kabel yang dekat dengan tuas TM tidak terdapat karet boot,jadi tinggal beri anti karat dan sambil di tarik-tarik agar anti karat masuk ke celah kabel.

Pemberian Anti karat tersebut bisa dilakukan berulang-ulang sampai tali tuas transmisi atau kabel transmisi tersebut terasa ringan saat di tarik.

Gambarnya lihat DISINI

Best Regards
Otomotif Qita