Otomotif Search Engine

Rabu, 02 Januari 2013

Yang Perlu Dilakukan Saat Mobil Terendam Banjir

Yang Perlu Dilakukan Saat Mobil Terendam Banjir | Info Mobil Biz | Yang Perlu Dilakukan Saat Mobil Terendam Banjir | Welcome to my blog, enjoy your stay...
Beberapa trik dan tips untuk mengatasi mobil yang terendam banjir:

1. Ada baiknya jika mobil terendam air putuskan semua sumber kelistrikan yang ada. Seperti melepas kabel aki pada terminal plus. Hal ini dilakukan untuk menjegas terjadinya korsleting karena adanya arus pendek. Mesin mobil baik tidak nyala akan tetap memiliki aliran listrik. Meski sedikit tapi kalau sudah terendam air bisa terjadi korsleting.
2. Jika sudah terjebak genangan air yang melebihi knalpot. Usahakan jangan menyalakan mesin ketika akan dipindahkan ketempat yang lebih tinggi. MInta bantuan teman atau orang disekeliling Anda untuk mendorongnya. Dampaknya akan sangat fatal jika mobil sudah terendam lebih dari mulut knalpot. Beberapa komponen pasti akan rusak terutama sistem kelistrikan yang akan menyebabkan arus pendek dan korsleting.

3. Setelah mobil Anda dipindashkan ketempat yang sekiranya aman dan tidak akan terendam air lagi maka jangan langsung menyalakan mesin. Pastikan beberapa komponen terutama kelistrikan harus dikeringkan terlebih dahulu.Beberapa komponen yang harus dikeringkan dan dibersihkan seperti saluran anginm saringan angin, karburator, busi, coil, dinamo starter dan beberapa komponen kelistrikan.
Untuk kelistrikan caranya cabut semua soket kabel kelistrikan lalu semprot dengan angin yang berasal dari kompresor angin atau bisa juga dilakukan dengan hair dryer.
4. Untuk mobil bertransmisi manual saat jalan digenangaan air usahakan tetap konstan di RPM 2.000-2.500. Kurangi beban mesin seperti matikan AC untuk sementara waktu karena AC sendiri dapat mempengaruhi efektivitas mobil saat melewati genangan air. Bila kita ada didalam genangan air yang ukurannya 1 roda penuh juga tetap gunakan trik tersebut.
5. Sementara untuk mobil bertransmisi matik usahakan konstan bermain di RPM 2.500 hingga 3.000 dan diimbangi dengan percepatan tuas transmisi. 
Misalnya dari posisi "D" kita langsung gunakan posisi "L" dan kurangi beban mobil seperti matikan AC. Begitu juga untuk mobil manual pakai ratio perpindahan gigi 1 saja.

Trik tersebut cukup ampuh untuk mengatasi mobil saat tergenang air atau banjir.

Best Regards
Otomotif Qita
http://tips-otoqita.blogspot.com
http://www.manualbookmobil.com/news/133/Inilah-yang-Harus-Dilakukan-Saat-Mobil-Terendam-Banjir